Asal Mula

Semula website ini dibangun dan dikembangkan untuk kepentingan saya sendiri dalam mendukung pekerjaan sebagai Inspektur Tambang. Banyak sekali website yang menyajikan informasi pertambangan, tetapi saya kesulitan menemukan website yang menyajikan referensi tentang aturan pertambangan. Biasanya saya harus membuka file-file pdf untuk membaca aturan dan itu sangat merepotkan saya . Sekarang, kalau ada yang bertanya tentang aturan, saya tinggal "search" dan membagikan linknya.

Seiring perjalanan waktu ternyata teman se-profesi dan kawan-kawan tambang di lapangan sangat terbantu dengan link-link yang saya bagikan. Akhirnya saya putuskan website ini dibuka untuk umum. Responnya luar biasa. Semenjak berdiri, website ini telah menjangkau 569 Kota di 67 Negara di dunia, 313 Kota di Indonesia, dengan pengguna lebih dari 80.000 pengguna. Semoga langkah kecil ini dapat membantu cita-cita mulia terwujudnya Good Mining Practices di Indonesia.

Deni Ramdani
- Inspektur Tambang-

Pendiri

Setelah menyelesaikan studi di Teknik Pertambangan ITB, saya sempat menjadi asisten akademik di ITB, asisten praktikum di UNISBA, dan terlibat dalam pekerjaaan konsultasi pertambangan. Pengabdian sebagai PNS dimulai tahun 2011 di Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Terimbas UU baru, tahun 2016 status kepegawaian beralih menjadi ASN Pusat di Kementerian ESDM sampai sekarang dengan tugas sebagai Inspektur Tambang.

Walaupun tugas kerja sebagai Inspektur, saya sangat senang mengajar. Hobby mengajar disalurkan dengan mengisi berbagai seminar, workshop, bimtek, dan diklat. Hobby saya yang lain adalah senang berbagi informasi yang disalurkan melalui pembentukan grup-grup medsos, pengembangan sistem informasi, dan pembuatan website.

Nama dan falsafah logo

Nama INSPEKTUR ID terdiri dari dua kata yaitu INSPEKTUR dan ID. Nama ini digunakan berkaitan dengan profesi saya sebagai Inspektur Tambang dan saya sangat berharap website ini akan membantu para inspektur dalam menjalankan tugasnya. Kata ID disematkan karena kecintaan saya kepada Indonesia, dan beruntungnya saya, nama domainnya masih tersedia :) . Semangat ke-Indonesiaan ini juga saya tuangkan pada logo seorang inspektur berwarna merah putih yang merupakan warna bendera pusaka Indonesia.

Inspektur menggunakan helm sebagai simbol pentingnya keselamatan dalam bertugas. Googleglass yang digunakan sebagai simbol luasnya wawasan, kecerdasan, dan kejelian inspektur dalan melakukan kegiatan pengawasan. Huruf U pada kata Inspektur yang ditrasformasi menjadi tanda Checklist (v) merupakan simbol bahwa objek telah diperiksa yang ditegaskan dengan single word tagline "Checked!".

Logo didesain secara profesional oleh ahli disain logo THRIVE BRANDS

ads-less policy

Saya tidak akan banyak menampilkan iklan di website ini, karena membaca aturan itu harus FOKUS dan tidak terganggu oleh pesan-pesan yang tidak ada relevansinya. Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan pesan dengan benar di website ini apalagi tentang aturan pemerintah.

Jika anda ingin berkontribusi menjaga keberlangsungan website ini, silahkan masuk ke halaman DONASI ;)